Senin, 16 September 2013

Kekurangan & Kelebihan Jenis-jenis Antena Parabola

Kekurangan & Kelebihan Antena Parabola

Antena Paraboloid (Prime Fokus focal feed)
Pemancaran gelombang radio ke ruang angkasa bebas dimulai pada titik focus reflector antenna.
Kelebihannya :
Bentuk sangat sederhana, Karena sifatnya ini, tepat dipakai untuk stasiun bumi yang transportable dengan G/T yang kecil yang menyebabkan efesiensinya relative lebih bagus.
Kelemahanya:
·      Mempunyai system noise yang relative tinggi terutama pada sudut elevasi yang tinggi, karena pancaran dari “side lobe” primary feednya menuju bumi yang panas.
·      Transmissi line antara penerima dan antenna menjadi panjang, sehingga kehilangan yang diakibatkannya besar.
·      Relatif sulit dalam pengaturan OMT nya maka hanya praktis sampai dengan ukuran diameter 4,5 meter saja.
Antena Off-Set Feed
Sistem Offset Feed sebenarnya berawal pada Prime Focus juga, tapi disinai sedikit lebih baik efesiensinya karena “blocking” (obstrusi ) berkurang. Relatip ringan/praktis digelar misalnya untuk transportable (mobile).Pengaturan OMT jauh lebih mudah disbanding Prime Focus Berkenaan dengan desain mekanik pada Feed Supportnya, yang harus memiliki kekokohan tertentu, maka yang umum diproduksi ialah 1,8 samapi 3,4 meter, pada main reflektornya tidak ada effect shadow.
Kekurangannya pemasangannya lebih rumit dan harga cukup mahal, daya tahan terhadap angina sangat rendah sehingga mudah roboh.

Antena Cassegrain/ Gregorian
Untuk mengatasi kekurangan-kekurangan dari paraboloid antenna, dipakai system dengan dua reflector yang disebut Cassegrain antenna ( menurut nama William Cassegrain, yang pada tahun 1672 menggunakan konsep dua reflector untuk teleskop).
Disini ada 2 reflektor yaitu reflector utama (Main Reflector) yang berbentuk parabola dan reflector ke dua (Sub Reflector) yang berbentuk hyperbola
Pemancar (feed horn) ditempatkan pada titik focus-1 hyperbola sehingga pancaran dari feed akan terpantul dari focus-2 hyperbola yang juga merupakan titik Fokus utama dari parabolanya. Sehingga sinar-sinar/pancaran gelombang yang mengenai parabola, seolah-olah dating dari titik fokusnya, yang akan terpantul parallel/sejajar.
Keuntungannya :
·   Mempunyai imbuhan Noise dari “Side lobe” yang lelatif lebih kecil, karena pancaran dari side lobe primary feednya menuju angkasa yang dingin.
·    Panjang “bumbung gelombang” untuk feed lebih pendek
·   Fleksibel dalam rancangan feednya.
·   “Feed System” secara mekanis lebih stabil sehingga pengarahan antenna lebih tepat.
Kelemahan:
·   Pemancar terhalang oleh sub-reflektor dan bagian-bagian penyangganya.
·   Karena sub leflektor dimensinya kecil, “feed system” harus lebih terarah.
Antena jenis ini tepat digunakan pada stasiun bumi yang permanent, yang kebanyakan mempunyai G/T yang besar.

Antena Horn Reflektor
Pada dasarnya, antenna ini adalah offset reflector parabola dengan “horn feed”. Ujung feed berimpitan dengan titik api reflector parabola.
Keuntungan :
“Side Lobe” nya relatip kecil sekali, jika dibandingkan dengan reflector parabola.
Kelemahan :
Konstruksinya berat dan komplks, tetapi dalam kemajuan teknologi akhir-akhir ini beberapa perusahaan mengintrodusir konstruksi yang ringan, misalnya dibuat dari fiberglass.
Sistem ini baik untuk Stasiun Bumi yang mobil, atau digunakan di daerah-daerah yang ada interferensi yang kuat dari jaringan gelombang mikro terresterial
Antena Helix
Antena helix dapat berbentuk uniform, tapered, variable pitch, envelop dan sebagainya. Adapun model helix ada yang digunakan sebagai saluran transmisi (mode transmisi) dan ada yang berfungsi sebagai antenna (mode radiasi).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar